Thursday, October 16, 2014

Dari Harddisk Sampai ke Laminating Uang

Hola!

Sekarang aku lagi suka menonton film korea (Miracle in Cell No. 7, My Sassy Girl), dimana sebulan sebelumnya aku lagi demen nonton india (Taree Zameen Par, 2 States). Jangan ditanya, 4 film tadi bikin pria kekar nan bersahaja ini termehek-mehek. Nggak lebay sih, cuma udah kayak genangan air gitu si mata bulat bola pingpong.

Jadilah hdd segede gaban ini isinya sebagian yang baru-baru adalah film korea dan film india. Buat yang belum tau hdd segede gaban ini seperti apa. Ini dia.

Ukurannya sama kayak batu bata. Gede banget. Beratnya juga. Terus kalau mau make harus pake colokan lagi. Sedih banget. Terlalu banyak birokrasi.

Tapi intinya aku nggak pengin cerita tentang hdd ku atau film yang ada di dalam. Terlalu banyak film dewasa (baca = film darah-darah)

Jadi, bulan puasa lalu (lawas bingit), ntah kenapa aku berpikiran sok jalan-jalan men gitu. Kan, biasa tuh kalau mau lebaran gitu pasti mudik ya, kan. Apalagi baru-baru saja melepas gelar mahasiswa tua,


Tuh buktinya udah pake toga HAHAHA. Oya si adek paling kiri lagi sakit demam sampe masuk rumah sakit. Minta doanya ya m(_ _)m


Eng ing eng! Sekarang menjadi pengangguran muda. Well, menjadi pengangguran bukan melabeli diri dengan pesimistis, tapi pengangguran itu gerbang awal untuk bisa produktif. Oke ini denial banget. Lupakan.

Kembali ke topik yang emang daritadi udah ngalor celana kolor. Molor dan suka melorot. Oke apa ini. 

Waktu itu aku berencana mudik ke Balikpapan via Surabaya, rencananya pengin naik kapal. Tapi.......... Karena aku takut kalau naik kapal nanti ketemu putri duyung di jalan. Kalau diajak kawin nikah gimana? Kan, aku kesenengan~ *keplak*

Akhirnya aku memutuskan naik pesawat dari Surabaya, tapi sambil nunggu pesawatnya terbang, aku mainan dulu deh di Malang. Well, sebagai penggemar bakso garis keras, pergi ke Malang sebelum ke Surabaya adalah hal yang harus dilakukan. Wajib.

Tapi sebenernya inti cerita yang pengin aku ceritain tidak seperti yang tadi-tadi. Kejadiannya masih di Jogja. Tepatnya di depan stasiun Tugu


Ini loh stasiun paling seksi. Naik kereta itu memang seksi. Apalagi sama kamu, iya, kamu~

Sore-sore gitu pas lagi puasa ya, kan. Hayo, siapa yang bolong waktu puasa? Oke pertanyaan ini nggak perlu dijawab, karena nggak ada yang bolong kan pas waktu puasa, emangnya hantu donat. Jadi waktu itu, aku mau nukerin tiket gitu deh. Kan mesennya lewat internet, gueh anak gaul internet gitu. Jago gitu kalo pake google. Apalagi buat kepo artis korea~

Lagi mainan hape nih, ya, abis nuker tiket di stasiun. Ada yang megang pundak. Untung aja abis yang megang pundakku nggak mesen sate. 

"Mas, ini dimana, ya?" Mas-mas nyapa gitu.

"Hah?" Ceritanya aku masih nggak konek gitu, kan, bisa dilihat sendiri, ini di stasiun.

"Iya, mas, ini dimana, ya?" Mas itu dengan tampang loyo dan kebingungan.

Gawat nih, dalam hati, takut gitu kalau ini adalah modus operandi peniupan dalam skala besar, masif, tersetruktur, dan dilematis (?)

"Ini, di stasiun, mas." Aku sambil nunjuk ke arah yang ada tulisan Jogjakarta nya.

"Oh, ini di Jogja, ya. Jogja itu dimana, ya, mas."

JEDER. Langit tiba-tiba mendung, dan gelap. Petir menyambar-nyambar. Naga Dragon Ball pun tiba, lalu menyembur api ke semua tempat, dan kita semua...... gosong.

What the hell, ini dengan mas-mas? Oke, karena waktu itu puasa, kita harus sabar. Katanya Ben Kasyafani. Kan, kudu sabar walaupun digugat cerai. 

"Ini mas, di Jawa Tengah. Kan, ada pulau Jawa tuh, terus di tengah-tengah gitu, tapi agak di bawah." Aku menjelaskan dengan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.

"Oh," Masih dengan tampang ngebingungin. "Kalau Surabaya, masih jauh, ya? Kalau mau ke Surabaya lewat mana, ya mas?"

Oke. Ini bener-bener, nggak lucu. Dalam hati udah dongkolnya bukan main. Kalau mau nipu itu yang pinter dong. Masa nanya-nanya gini. Oke, ingat ini bulan puasa, bulan penuh berkah, bulan penuh kenikmatan. Ahzek

"Iya, mas, masih jauh. Kalau naik kereta masih 8 jam lagi gitu. Kalau naik bis juga sekitaran gitu."

"Anu, mas, kalau jalan rayanya dimana, ya?"

.....

Rasanya pengin ninggal gitu aja. Terus kiss bye gitu.

Tapi, tenang saja, aku masih sabar mengikuti permainan mas-mas ini, aku juga penasran, metode apa yang digunakan oleh mas-mas ini. Kalau dia tiba-tiba nyekap aku, aku udah nyiapin garpu plastik bekas pop mie buat nyucuk matanya nanti.

"Itu, mas, di depan ada jalan raya, kalau mau yang jalur luar kota, Masih harus agak ke sana dulu." Sambil nunjuk ke arah timur nan jauh di mata sana.

Masih dalam muka kebingungan. Pengin nyolok pake garpu pop mie rasanya.

"Mas, bisa minta tolong, nggak? Lihatin jarak dari Jogja, ke Surabaya, pake hapenya mas." Dia melihat hapeku yang daritadi tak pegang. "Awalnya saya takut mau nyapa mas, cuma kan saya nggak salah, jadi ngapain saya takut nanya."

Aku mulai curiga dengan mas-mas ini. 

"Saya dari Cirebon, mas. Mau pulang kampung ke Surabaya. Saya kerja di Cirebon, pengin pulang."

Hm. Gitu, ya.


"Terus, masnya kesininya gimana?" Aku tanya, pengin bongkar-bongkar gitu deh. Biar kayak detektif.

"Jalan kaki, mas."

...........

APAAAA???!!!!! 

Mungkin mas-mas ini tipikal adventure gitu, jadi pulang kampung dengan cara yang ekstrim. Backpackeran gitu deh. Wah sama kayak aku nih, rencananya juga backpackeran gitu. Tapi boong.

Kecurigaanku makin lama makin berkurang, karena melihat muka polos masnya, seakan-akan yang diucapin tadi itu nggak ada yang bohong. 

"Mas berapa lama ke sini jalan kaki?"

"Sebulan, mas."

Gila ini mas-masnya. Bikin lemes. Seiring berkurangnya rasa curiga, aku jadi iba, pengin nolong sebenernya, tapi nolong gimana? Nganterin doi ke Surabaya? Gimana caranya~

"Mas, tinggal naik kereta aja, ini ada kok yang ke Surabaya."

"Saya nggak mau naik-naik kendaraan." Doi seakan-akan mengisyaratkan untuk jalan kaki lagi menuju Surabaya. Bayangin jauhnya, kan? "Saya pikir udah deket Surabaya, ternyata masih jauh."

"Saya mau balik lagi ke Cirebon juga jauh banget, terus ke Surabaya juga masih jauh. Saya jadi bingung, mas."

Kebayang, kan bingungnya gueh?
Jangankan mas yang bingung, aku juga bingung kok. Mau nolong ya bingung juga. Akhirnya kita diam-diaman gitu deh. Selama beberapa menit. Aku pengin sebenernya ngasi tiketku ke Surabaya tapi kan kudu pake KTP gueh. Gimana ngasinya? Uang cash juga lagi ga ada sebanyak tiket kereta api ke sana.

"Yaudah, mas, saya minta ongkos buat makan aja. Saya belum makan dari kemaren."

Yah, sebenernya di kantong juga udah nggak banyak uang lagi. Cuma ada sepuluh ribu, robek lagi. Padahal rencananya uang sepuluh ribu robek itu nggak bakal kupake tapi mau kulaminating biar gaul gitu.


Mau kayak gini nih (doc : nyomot blogspot orang HAHA)

Kan, keren gitu punya uang di laminating. Robek ini juga.

Yah, karena nggak ada duit lagi di kantong selain itu. Karena yang lainnya adalah receh-receh kebahagiaan. HAHAHA

"Ini mas, maaf, cuma bisa ngasih segini. Robek lagi." Dengan muka sok bingung akunya

"Gapapa, mas. Ntar paling ke angkringan aja." Masnya lesu. "Yaudah, mas. Makasih, ya."

Mas yang bawa ransel itu berlalu gitu aja.

Aku yang bingung menanggapi kejadian seperti ini, terdiam. Sesaat aja sih. Terus meriksa tas, dompet, hape, dll. Sapatau selama ngobrol tadi aku ditipu gitu. Ternyata semuanya ada. Terus aku nyari-nyari masnya lagi, masnya udah ngilang gitu. 

Oke deh. Hari yang aneh.

Jadi sebenernya yang diomongin di awal, sampe akhir ini udah kayak cacing kepanasan. Nggak jelas ke arah mana. Yang penting aku ngeblog lagi HAHAHAHA

Enjoy!

0 Komentar:

Post a Comment