Thursday, November 22, 2012

Peka Modus Tipu - Tipu

Halooo~
...
...
*suara jangkrik*

YAK! Awalannya yang ga bagus sebenernya -___- Oke, beberapa minggu yang lalu ane pernah cerita tentang yang namanya modus penipuan. Kenapa tiba-tiba ane bicara ini? Lagi-lagi karena mood ane lagi pengen hahaha, sudah jadi rahasia umum kalo ane tuh emang ga konsisten, moody, kalo urusan tulis menulis jadi jangan kaget kalo tulisan ane ngawur kemana-mana... *suara angin*

Ditengah-tengah postingan super gajebo, ane akan sedikit share masalah yang sedikit serius haha. Bilang aja masalah ini adalah kejadian super biasa di antara kita. Sering muncul di sekitar kita, tapi kadang kita menganggapnya remeh. Padahal untuk orang lain belum tentu ini masalah remeh. Bingung? Sama ane juga bingung. Oya ini juga ane pernah ngeshare, jadi kultwit gitu deeeh~ HAHAHA

Langsung aja ambil contoh kasus. Jadi sekitar beberapa minggu yang lalu ada yang kena tipu sebesar 3 yang nolnya ada 6, pada tau kan itu besarnya seberapa? :p Nah jadi korban penipuan ini adalah mahasiswa di kampus ane, diliat dari kepala botaknya sih kayaknya maba. Dia kena penipuan atas nama PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa (yang gatau search aja di google) dan media penipuan ini adalah lewat SMS. Wow bukan?


Model gini nih yang pencuri udah jelas tapi tetep aja ada korbannya

Kebanyakan ga ngambil pusing masalah beginian, toh keliatan jelas penipuan lewat media ini pengen nipu. Apalagi pake embel-embel kudu transfer ke blablabla tapi dengan nomor yang tidak dikenal. Sudah terlalu jelas, iya kan? Tapi yaa jangan diem aja ngeliat atau tau modus kayak gini, kenyataanya masiih banyak yang kena tipu semacam ini, bahkan di kalangan mahasiswa.

Jadi kejadiannya seperti ini. Ane denger langsung pas ane ke Rektorat kampus bagian Direktorat Kemahasiswaan, lalu ada yang lagi curhat abis kena TIPU. Ketika itu ane lagi nunggu antrian buat ngurus berkas beasiswa, eh kuping ane denger masalah beginian. Si anak tuh keliatan pucat *padahal ane ga liat mukanya pertamanya haha* tapi dari belakang keliatan kalo dia lagi pucat. Dan si ibunya yang lg ngomong sama anak itu ngomongnya sengaja dikerasin supaya ane yang lagi ngantri di belakang bisa denger juga. Jadi ane ga salah kan denger beginian? :p

Seperti yang ane bilang tadi, sepertinya yang kena modus penipuan macam ini adalah mahasiswa baru. Dan menurut analisis liar ane kebanyakan sasaran penipuan di kalangan kampus adalah maba-maba atau orang yang ga banyak bersosialisasi dengan orang-orang. Mungkin kalian bisa mengintepretasikan sendiri hehe.

Singkat cerita dia dapat sms yang menyuruh dia buat nransfer duit sebesar 3 jeti buat keperluan PKM. Si anak yakin dengan smsnya soalnya emang smsnya meyakinkan (?) dan dia begitu saja transfer duit ke rekening yang disediakan. Padahal mungkin yang sudah familiar dengan PKM, sama sekali ga ada pungutan biaya atas nama PKM, bahkan yang sperti beasiswa, dll, Ini aneh, tapi nyata! Salahnya anak itu adalah dia transfer duit baru konfirmasi ke pihak universitas, ga percaya trnyata ada yang beginian? percayalah~

Ane sih ga begitu tau ya detail smsnya seperti apa sehingga si korban bisa gitu aja kena tipu modus yang biasanya kita bilang biasa. Disuru transfer duit, bilang si Mama di kantor polisi, si Adik kecelakaan, blablabla itu udah biasa dan kita juga udah tau kalo itu tipu-tipu. Tapi nyatanya masi banyak korbannya. Kita gatau soalnya ketika perasaan juga bermain didalam situ, dan kepekaaan perasaan ini lah yang dijadikan senjata bagi si pelaku.

Dan setelah di jelaskan ternyata anak ini (mungkin karena dia mahasiswa baru) jadi tidak begitu aktif di kegiatan kampus, mungkin gara-gara kurang sosialisasi, dan mungkin juga loh orang yang begini yang jadi sasaran penipuan.

Jadi yuk saling mengingatkan, kadang-kadang karena tergiur dengan tawaran yg dikasi penipu kita jadi gampang ngeluarin duit, kadang-kadang karena kepekaan perasaan terhadap keluarga jadi ga bisa berpikir jernih, dan lain lain. Masi banyak yang beginian, baik yang sudah tertipu maupun yang hampir.

Ada yang di sms, ada yang ditelpon, bahkan didatangin langsung ke kamar mandi (?) banyak sekali modus begini. Mau contoh? Nih ada yang pernah curhat temen ane yang hampir kena penipuan. Mungkin bisa dijadikan pengalaman :O si Mba Dwinna yang sempet kena modus tapi untungnya ga sampe kena tipu

Tapi kalo modus yang modus hati sih yaaaaa ini yaaaaaaa no komen deh :))))

Jadi yuk kita saling menjaga diri, keluarga, temen-temen, karena #modus ini bisa muncul darimana dan ke siapa saja tidak pandang bulu.

Salam Hangat!

0 Komentar:

Post a Comment