Friday, February 26, 2010

curhat goblok (ditemani lagu2 dari tangga dan jason mraz)

hemm sebenernya apa yang jadi tujuan hidupku
aku pun belum mengerti
yang terlintas di kepalaku hanya aku menyelesaikan kuliahku
lulus dengan sukses
lalu ketika sudah lulus aku kerja dan nikah tentunya
lalu bikin bangga orang tua
punya anak blablabla
seperti layaknya orang kebanyakan..

tapi sepertinya ada yang mengganjal di pikiranku
aku ga pengen hidupku seperti yang aku nyatakan di atas
bukan berarti aku ga pengen kek diatas
tapi ga hanya yang diatas *apa sih muter2*
yah begitulah
aku pengen menciptakan sebuah karya
karya dimana itu sangat berguna bagi aku, keluargaku, teman2, dan masyarakat
ntah dalam bidang apa..
mungkin teknik dengan robotnya *oh men! aku, mungkin birokrasi, ato apapun itu
yang jelas sesuatu yang hebat!
oke kuresmikan kalo itu adalah cita2ku!!
"membuat karya yang besar"
yah yang seperti yang kalian ketahui, aku memang belum punya cita2 yang spesifik
hanya cita2 layaknya orang biasa
hidup tenang mati masuk surga *amin*

kenapa aku berpikir seperti itu?
oke aku akan bercerita

sabtu kemaren aku mendapat panggilan dari ketua MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa) fakultas teknik
yang jelas itu tentang hasil tentang wawancara DPF KM UGM yang kulakukan seminggu yang lalu..
oke seperti kalian belum tau kenapa aku bisa berhubungan dengan organisasi2 yang diatas?
aku akan bercerita pelan2
aku ikut seleksi BEM KMFT (Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik) UGM bersama anak2 lain, seperti jintul dan rolan
yah hanya kami bertiga alumni smansa yang masuk ke dunia BEM di fakultas teknik yang memiliki 1500an mahasiswa per angkatan
dan kami pun diterima, ketika itu kami masi maba di semster 1..
kami berbeda departemen, aku di Humas sedangkan jintul ma rolan di OASE *depertmen seni dan olahraga bgtulah aku lupa singkatannya :p)
kami pun berkarir disana sampai akhirnya kami dilantik kemaren jumat..

oke sebenernya dilihat dari skill ku dalam berorganisasi sepertinya kurang
dilihat dari waktu SMA?
aku emang berkutat dengan MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas) di smansa selama 3 tahun, ya dari kelas 1 ampe kelas 3 -_-"
dengan jabatan paling tinggi Ketua MPK, yang jelas itu dipertanyakan kenapa aku bisa jadi ketua? padahal jelas aku paling ga bisa ngomong di depan orang banyak dari smp
yah waktu itu terjadi krisis dimana orang2 MPK saat aku kelas 2 berkurang sangat drastis..
dan sepertinya aku dipilih karena tak ada lagi orang dipilih selain aku!!
oke dengan gobloknya aku lah yang terpilih jadi ketua dengan alasan orang2 yang sepertinya menilaiku tinggi.
aku merasa ga pantas menjadi ketua, aku orang yang lebih banyak bercanda ketimbang serius
lebih banyak plinplan dalam mengambil keputusan
lebih banyak plongaplongo dalam perdebatan
lebih banyak diem karena malu daripada anggota lain
tapi aku yang dipilih, jelas itu salah..
aku pun menkalani hari2 ku yang notabene pertama kali menjadi ketua
seumur2 dari SD aku emang ga berbakat.. pernah aku jadi ketua kelas pas kelas 5 SD, dan itu hanya berjalan satu bulan karena aku di kudeta oleh teman2ku lainnya
mungkin karena aku selalu memilih barisan wanita duluan untuk masuk kelas *kalian taulah waktu sd tuh ada bris berbaris seblum masuk kelas*
sejak saat itu aku tak pernah kemabali jadi ketua kelas samapai SMA ini..
selama jadi ketua, sepertinya hanya 35% aku mencerminkan sebagai Ketua, banyak proker2 yang terbengkalai, banyak masalah2 yang belum terselesaikan sehingga keeksisan MPK menurun di tahunku..
setelah menjdi penasehatpun aku kurang maksimal, aku hanya menggunakan "nama"ku untuk tujuan yang lain bukan untuk menjadi contoh buat adik2 kelas yang menjadi penerusku

yah sekilas tentang SMA
mungkin gara2 aku emang terbiasa dengan orgasnisasi jadi insting ku mengatakan aku harus berorganisasi lagi di kuliah ini, mungkin bisa memperbaiki track recordku yang amburadul dulu
dan juga bisa banyak belajar lagi tentang organisasi, yang jelas organisasi di kuliah dan SMA tuh beda lapangan dan medannya
dan aku telah menjalani kegiatanku di BEM sebagai staff Humas, dan berusaha tidak ingin sibuk..
tapi karena mendapat bujukan dari teman2ku aku pun bersama jintul juga ikut di KMTF (keluarga mahasiswa teknik fisika) karena beberapa alasan, yaitu aku ma jintul juga istilahnya mau eksis di jurusan juga.. masa di teknik kita bisa eksis di jurusan sendiri malah cupu
aku ga pengen gtu jadilah aku masuk di KMTF sebgai staff kewirausahaan (yang paling sedikit prokernya karena aku ga pengen sibuik di dua arah)
oke sepertinya dengan keputusanku di atas kaya "iyaiya"nya aja yah lebih kasarnya sok sibuk lah. tapi aku mengambil keptusan di atas karena kata dosenku anak teknik kalo tidak ada soft skill yang didapat dari organisasi tidak akan berkembang di masa depan
aku pun yang ingin sukses kedepannya tak ingin seperti itu, jadilah aku mengikuti kegiatan2 organisasi di kuliah ini walopun aku memiliki track record yang jelek sebelumnya *seperti yang aku certakan yang tadi*

aku di Humas cukup tidak terlalu keliahatan, karena aku emang orangnya agak pemalu ma suasaana baru dan perlu waktu untuk bisa bersosialisasi dengan yang lain
aku pun kalah dengan anak2 lainnya dalam bergaul, tapi akhir2 ini aku sudah berani berbicara saat rapat.. yang sebelum2nya aku ga pernah bicara dalam rapat, hanya geleng2 dan manggut2 aja -_-"
yah seperti sebelumnya menurutku aku belum maksimal di dalam Humas ini, seperti pas ada Technovaganza (semacam bazar 3 hari yang dipersembahkan oleh anak2 bem) anak2 humas membuat stand dimana ada penjaganya, aku pun kabur dalam tugas itu..
yah bukan karena kabur karena malas, karena aku malu belum terlalu kenal dengan anak2 humas lain *oke cukup cupu kan?*
dan banyak rangkaian acara2 lain yang aku kurang maksimal di dalamnya
*maaf mba putri sbegai kadept Humas*
dan itu juga ga berlangsung di Humas juga di KWU KMTF pun aku ga jelas
ketika aku haruus membantu program yang waktu tu dilaksanakannya tryout, kami yang 2009 dijadikan seksi humas dengan membagi2kan pamflet ke sekolah2..
dan aku pun rada meremehkan tugas ini, dikarenakan aku ga terlalu tau area jogja apalagi sekolah2 SMA di jogja? karena itulah aku agak ogah2an ngerjain ni tugas..
tapi ketika pas tryoutnya aku melaksanakannya dengan serius dikarenakna rasa malu karean tlah ga serius dalam mengemban amanah *duileh kata2ny*
tapi emang dasar aku malas, aku pun ketika diminta tolong buat datang rapat buat meriksa manual hasil tryout anak2 ga pernah datang :p karena seperti kalian ketahui aku malas gara2 aku ga ada temen seangkatan buat bersama2 ngerjain ni semua tugas karena yang lain pada pulkam

haha dasar aku,
oke saat setelah itu aku mendapat kepercayaan dari ketua bem buat menjadi panitia world conference ketiga tentang global warming yang kebetulan indonesia yang menjadi tuan rumah, dan lebih hebatnya UGM lah yang menjadi tempat konferensi dunia itu.

sebelum itu yau ga sih kenpa ketua bem teknik sangat kenal denganku? oke dikarenakan aku saat beliau masih menjadi calon ketua bem yang bertempur di pemilu tekni, aku turut serta dalam tim suksesnya hahaha :p ga heran aku banyak ditawari amanah2 yang sebenrnya sangat berat buatku yang ga bisa apa2 ini
tapi karena waktu itu aku juga punya acara lburan ke bandung sama jintul abang, maka aku ketinggalan banyak sebagai panitia
dan aku menyesal untuk itu, dengan berat hati aku melepas amanah itu (yah sebenernya itu wajar karena aku ga pernah ikut rapat lagi ketika aku ke bandung)
dan akupun dipindah tugaskan untuk mengikuti seleksi DPF (Dewan Perwakilan Fakultas) KM UGM

aku mengikuti wawancara bukan gara2 inisiatif bodohku
tapi gara2 penunjukan Ketua BEM KMFT (Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik) UGM
seperti yang kuberitahu diatas aku dipindah tugaskan..
sedikit menyesal aku atas yang telah kulakukan sebelum2nya yah seperti kurang semangat gtu dalam berorganisasi, tapi itu kareana dari awaal aku ga pede karena track recordku
oke ngomong2 tentang DPF aku pun yang masi tergolong maba ga tau sama sekali apa itu DPF?
yang aku tau hanya sms dari ketua bem yang bilang kalo tugas di DPF ga terlalu berat, dan penjelasan sedikit seblum wawancara yaitu DPF tuh kek MPMnya universitas dimana DPF tuh independen dimana karena dia merupakan perwakilan tiap fakultas2 di ugm ini, dan juga ada DPM yang merupakan perwakilan dari partai yang ada pas pemira UGM dan tugasnya itu mengawasi kinerja dari BEM KM UGM dan kebijakan2 dari rektorat UGM.
hanya itu yang kutau
dan saat wawancara pun aku mati gaya ketika di kasi pertnyaan "apa yang kamu ketahui tentang DPF?" oke untuk aku yang pemula ini dan sangat bodoh dalam berdemokrasi dan birokrasi -_-"
dan mengenai talent? aku pun jujur bilang aku ni emang pemalu pada awalnya sehingga membutuhkan waktu untuk bersosialisais dengan yang lain
yah dengan jawaban2 seperti itu aku ga yakin buat diterima, soalnya untuk DPF dari teknik hanya 1 orang saja dan yang mengikuti tes wawancara ini ada 4 orang yang semuanya dari angkatan 2008
well imposibble for me
dan hari sabtu kemaren aku di panggil Ketua MPM buat ikut sidang MPM yang membahas tentang DPF dari teknik ini, aku yang saaat itu sedang mengikuti turnamen futsal jelas kaget karena istilahnya pemberitahuannya tiba2 dimana aku dah aada agenda yang penting juga :p
oke aku minta izin buat datang telat sesudah turnamen itu selesai
setlah samapi disana aku di beritahu bahwa aku terpilih menjadi DPF dari Teknik, awalnya aku senengkan bisa kepilih kekgtu.. tapi ketika aku tanya aku bersama sapa aja yang jadi DPF dari teknik orang2 MPM itu mnejawab "kamu sendiri aja" oke sendiri dan hanya sendiri!!!
yap aku hanya sendiri menjadi DPF perwakilan teknik yang terdiri dari beribu2 anak teknik lainnya, isitilahnya aku memikul beban semua anak teknik!!!! yang segtu banyaknya, untuk ukuran orang bodoh organisasi seperti aku ini itu merupakan pilihan yang salah.. -__-"
dan mau tau alasan mereka apa memilih ku? karena mereka menganggap kriteriaku mendekati kriteria DPF untuk teknik, MEN!!!! aku ngasal aja tuh ngarang semua yang ada di wawancara.
aku ni masi maba, aku pun ga ngerti sama sekali apa itu DPF
setelah itu aku diberi sedikit penjelasan tentang DPF tuh apa, keadaan disana bagaimana, dan agenda selanjutnya rapat pukul 2 saat itu juga..

men hanya sedikit bangga terlintas di hatiku, hanya sedikiiiiiiit saja sisanya hanyalah ketakutanku dan merinding mengemabn amanah ini yang tergolong saangaaattttt berat! aku yang memiliki track record yang geje tiba2 terpilih seperti ini. aku mau menolak ga enak karena ketua bem yang udah bicara..

akupun datang rapat ke gelanggang ugm ke sekretariatan dari DPF KM UGM, yang waktu itu rapat sudah dimulai dan sedang membahas tatib (tata tertib DPF), dan kalian tau?
semua orang2 hadir rapat itu adalah orang2 yang luar biasa -__-"
oke aku termasuk orang muda yang masuk dalam DPF, waktu itu ada 3 dari 2009 yaitu aku delegasi dari teknik, kemudian harris dari psikologi, lalu bunga dari feb akuntansi..
lalu 3 daro 2008 yaitu andro dari perikanan, mba atini dari kedokteran hewan, dan mas zaky dari hukum yang juga selaku ketua sidang dan ketua DPF 2010.
dan satu dari angkatan 2007 yaitu mas anas dari fmipa fisika
mereka orang2 yang luar biaasa contoh aja mba atini yang sangat kritis karena hanya dia yang bernai mngkritik mas zaky selaku ketua sidang dan semua tatib tahun sebelumnya, mas andro yang sama seperti saya baru masuk ke dunia DPF tapi dia bisa bergaul dengan lainnya dan mengeluarkan ide2 cemerlang saat rapat itu, trus mas zaky yang sangat mengerikan walo baru satu tahun di DPF tapi sepertinya dia tau segalanya tentang DPF dan dia taun lalu yang isitlahnya masi maba di tahunnya udah di ke denhag buat pertemuan PBB dari UGM -__-
sungguh luar biasa dan satu lagi si bunga anak FEB 2009 itu juga merupakna maba terbaik di feb pas ospek dan kalian tau? dia lolos indonesian idol 50 besar dan akan dikarantina di jakarta..
sungguh sangat jauh latar belakang mereka dengan ku
jelas aku minder ketika aku berada di antara mereka
aku berasa semut diantara tringgiling2 besar yang siap menelanku tanpa bekas kapan saja
aku pun langsung lemas ketika pulang, tapi aku juga udah berjanji ga mengecewakan orang2 yang telah mempercayaiku.. semoga saja dengan amanah ini aku bisa melakukan yang terbaik untuk semuanya.. i hope

dan untuk kalian aku minta masukan
sungguh aku mengaharapkan itu
untuk memperbaiki tingkah lakuku yang emang liar ini -__-"
kali ini aku merasa jatuh mental ketika menghadapi ini semua

ditulis semalaman pada hari ini

2 Komentar:

Anonymous said...

biasakanlah hidup dalam kesusahan....karena di dunia ini gak ada yang namanya hidup yang ideal...semua nilai-nilai kehidupan bisa kamu dapatkan kalo kamu berada dalam kondisi yang paing rendah dimana kamu nanti bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain..

terus jangan kamu biarin kamu hidup dalam kesenggangan..rasakan nikmatnya hidup dalam tekanan...walau terlihat aneh tapi kamu bakal melatih keterampilan dalam mengambil keputusan...

ini cuma saran dari orang yang sama-sama pernah buat kesalahan kayak kamu

Bentar Cucu Samibuti said...

oke saran diterima :)

Post a Comment