Friday, June 7, 2013

Lupaman

Manusia memang tempatnya lupa. Segala jenis lupa ada di dalam yang namanya manusia, mulai dari lupa diri, lupa sengaja, lupa gak sengaja, bahkan menolak lupa. Sudahlah terlalu banyak lupa di dunia ini, dan itu karena terlalu banyak manusia. Tapi bagaimana dengan orang yang hobinya lupa? Ah, kita lihat saja Anggito ini, biasa dipanggil Lupaman. Manusia lupa. Atau mungkin supaya terlihat unyu bisa dipanggil Upa. Keseleo sedikit jadinya upil. Oke lupakan.

Upa ini memang keterlaluan lupanya. Entah ini udah termasuk hobi atau penyakit. Yang jelas predikat Lupaman emang diambil dari kehidupan sehari-hari aja. Seperti ini, mau pergi ke kampus, mau kuliah ceritanya. Udah siap, udah ngganteng, siap berangkat. Kamar kos dikunci, terus pake sepatu di depan rumah. Eh, di sepatunya gak ada kaos kaki. Balik lagi ke kamar, buka kunci, ambil kaos kaki, kunci kamar lagi. Okeh sekarang sudah pake sepatu. Sampe motor, eh kunci ketinggalan. Balik lagi ke kamar, buka kunci, ambil kunci motor, kunci kamar lagi. Siap naik motor, eh helmnya lupa ketinggalan. Dan seterusnya. Pokoknya ini rutinitas pagi. Terlalu banyak "eh".

"Bro, kemaren kamu kemana? Sakit? Kok gak ujian kalkulus?" Somad bertanya pada Upa yang lagi makan tempe penyet di kantin.

"Hmm... .... UJIAN APAA???? ASTAGA UDAH MINGGU UJIAN KAH INI?? KUPIKIR MASIH MINGGU TENANG!!!!" Upa teriak-teriak padahal mulutnya penuh tempe. Tahu apa akibatnya? Tumpeh-tumpeh dong. Sama muncrat juga ding.

Teman-temannya sudah tahu gimana si Upa ini. Toh mereka yang ngasi nama Upa. Eh? Siapa ya? Apa si Upa sendiri yang kegeeran jadi ngasi nama julukan sendiri. Ah, gak penting juga. Nah! Ngeri kan penyakit lupanya Upa? Bisa nular ke banyak orang. Hiii mengerikan. Jadi jangan deket-deket dia ya. Tapi gak semua teman-temannya maklum dan ngebiarin tuh Upa jadi pelupa terus. Masih ada yang peduli kok, apalagi Andini. Entah ada angin apa sih Andini ini bisa perhatian banget sama Upa. Padahal yaa sering lupa kalo minjem duit, sering lupa kalo abis minjem pulpen, bahkan lupa kalo motor yang dipake Upa adalah motornya Andini. Duh, dasar Andini. Tapi dia fine-fine aja tuh, padahal ya Andini sama Upa kenal juga baru semester 3 kemaren, itupun gara-gara Upa lupa kalau Andini itu teman sejurusannya. Baru kenalnya dari semester 3 padahal Andini ngerasa kenal sama Upa udah dari ospek. Huh dasar Upa!

Andini juga sering dikasitau sama temen-temennya, buat jauh-jauh sama Upa, biar gak ketuluran lupanya si kampret itu. Tapi mau diapain, Andini terlalu kasihan sama Upa yang sudah gak ada temennya, makin gak ada temennya. Karin, juga merupakan temen dari Andini tapi beda jurusan akhirnya berkecimpung juga buat ngurusin Upa. Soalnya Karin ngerasa kasihan Andini sendirian ngurus bocah itu, padahal ya bukan siapa-siapanya Upa. Eh, pas ngeliat si Upa. Karinnya malah doyan sama Upa, "Ganteng juga ya si Upa, sayang pelupa akut gini. Rambut poni lempar, badan tinggi kurus, putih, suka pakai jeans kemana-mana. Tapi yang bikin gak oke, doyan banget sih doi pake sendal sewalow."

Andini hanya tersenyum ngeliat ada Karin sahabatnya dari SMA ikut bantuin ngurus Upa. 

***

Karena Andini, orang tua Upa juga akhirnya sering minta tolong Andini dan Karin untuk ngingetin Upa dalam kesehariannya. Soalnya parah banget, masa, Upa itu sering dipinjemin duit sama temen-temennya, karena emang dasar Upa tuh baik. Tapi karena dia pelupa, yasudah hutangnya pun seperti butiran debu. Itulah kenapa sering banget Upa kelaparan parah di kamar kosnya. Lagi-lagi untung aja ada Andini. Duh, terima kasih ya Andini.

"Kok bisa ya Ndin, ada orang kayak Upa gitu?" Karin memulai pembicaraan di kafe, Andini dan Karin sedang di kafe, ceritanya sih nyari tempat sunyi gitu nyari inspirasi tugas masing-masing.




"Haha, jangankan kamu. Aku juga baru kali ini ketemu orang kayak Upa. Tapi tahu gak sih, setidaknya sekarang Upa ada usaha buat ngurangin penyakit lupanya. Walaupun yah gitu, dikit aja, tapi lumayan lah." Andin menjawab dengan senyum merekah, seakan gak ada beban.

"Emang apaan usahanya?"

"Dia kemaren nanya aku, dimana beli sticky notes itu yang buat nempel-nempel. Kemajuan kan?" Andini tertawa.

Tapi ya Andini cuma gak tahu, kalau sebenernya sticky notes itu gak pernah dibeli sama Upa, soalnya Upa lupa terus mau beli. Duh, semacam lupaception. Maunya ngilangin lupa, eh malah lupa terus.

***

"Yuk, makan bareng yuk Upa. Bareng aku." Karin menarik tangan Upa di lobi jurusan teknik kimia. Karin sengaja datang ke jurusannya Upa buat ngajak makan Upa. Kan udah dibilang, Karin itu doyan sama Upa, makanya jangan pelupa! Dan semua teman-teman Upa gak percaya kalau ternyata gak cuma Andini, primadona jurusan, yang menjadi pengurus setia Upa. Bahkan sampe ada yang suka!! Semuanya melihat Karin melongo, yah mau gimana, namanya juga mahasiswi manajemen yang masuk ke jurusan teknik kimia. Dandanannya jauh beda. Hobi pake tas ketek, sama widges gitu. Gaul gitu.

Andini yang ketika itu baru keluar kelas, kaget melihat Karin ada di jurusannya tiba-tiba, "Eh, ada Andini. Yuk Ndin, ikutan kita makan siang bareng." Karin teriak spontan melihat Andini turun dari tangga. 

"Emm.."

"Eits, aku boleh ikutan gak ini?" Koko tiba-tiba datang ngerangkul pundak dari Andini. Iya. Si playboy cap tokek ini emang doyan godain Andini. Apalagi sekarang Koko abis putus dari pacarnya, anak jurusan manajemen temen dari Karin. Jadi Koko emang kenal sama Karin. 

"Apaan sih!" Andini melepas rangkulan Koko.

"Eits, eits, eits. Jangan galak-galak dong sayang." Koko mencolek idung Andini yang gak mancung. Pesek? Gak juga sih. Semuanya pas mah kalo Andini. Semampai, semeter tak sampai. Gak ding, tingginya sekitaran 160 cm, rambut gelombang. Dan manis sekali dengan lesung pipit. Pas banget mah jadi ratu di jurusan teknik kimia.

Upa hanya terdiam. Soalnya dia lupa kalau Koko ini anak jurusan teknik kimia juga. Makanya dia diam. Mikir, kok bisa sih ada anak sok gaul gitu di jurusan. Masa di jurusan rambutnya di parit gitu, pake anting lagi, celana skinny jeans, "Ayuuuk, laper nih." Karin menarik tangan Upa.

***

"Ada apa Rin?" Tanya Andini kepada Karin yang tersedu-sedu di kafe yang sama mereka tongkrongi.

"Hiks, semalam aku kan bilang kalau aku tuh sayang sama Upa." Karin memulai cerita dengan isapan ingus yang gak kalah kenceng. Andini kaget. Dia gak menyangka kalau Karin berani untuk nembak duluan. Andini tahu banget kalau Karin itu suka sama Upa, tapi gak nyangka aja sampe kayak gini. Ada perasaan nyesek yang tiba-tiba dirasakan Andini.

"Terus.." Andini berusaha menyeka air mata Karin dengan tisu yang dia ambil dari tasnya.

"Iya, terus. Upa lupa nyimpen nomerku. Jadi pas aku bilang aku sayang kamu gitu, Upa malah nanya balik. 'Ini siapa ya?'. Hiks, sedih banget gak sih?" Karin lebih nyaring sesunggukannya.

Andini yang sekejap merasakan lega di hatinya, akhirnya gak tahan buat tertawa. Tapi dia tahan, kasihan sama sahabatnya, "Yah, wajar toh. Suka sama Upa itu emang kesalahan terkutuk."

"Tapi kan, tapi.." Karin lebih banyak lagi curhatnya, jadi setelah dia ngasih tahu kalau yang nge-sms tuh Karin ke Upa. Upanya lupa balas, "Eh besok siangnya baru balas. Katanya baru beli pulsa. Terus nanya kemaren sms apaan. Padahal kan dia bisa ngeliat sms di hapenya. Kan masuk ke inbox. Masa iya saking lupanya, dia hapus smsku. Padahal kan sms itu dari hati." 

Andini mengelus-elus kepala Karin. Yah, begitulah. Agak lebay sih. Tapi Karin langsung memeluk Andini kemudian ngelanjutin nangisnya. Sampe-sampe pundaknya Andini kebanjiran ingus. Hiiii

***

Andini mendapatkan berita istimewa. Andini diterima untuk sekolah master di Universitas Tokyo, Jepang. Dan dia harus berangkat seminggu dari sekarang. Semua teman-teman jurusannya menyelamati Andini. Pintar, cantik, ah siapa sih yang gak mau sama Andini? Untung aja Koko di tolak mentah-mentah sama Andini. Kalau gak, berkurang tuh kualitas Andini kalau nerima Koko sebagai pacarnya.

Bagaimana dengan Upa? Ah, Upa mah lagi asik mancing ikan di kolam ikan deket kosannya. Lupa. Lupa kalau Andini semalam sudah ngasih tahu kalau dia bakal ke Jepang minggu depan, "Ah! Sial! Kailnya lepas!" Teriak Upa histeris.

***

Sampai di bandara internasional, yang memang berbeda kota dengan universitas Andini. Hmm, memang keterlaluan Upa. Seperti kacang lupa pada kulitnya! Andini yang terlihat agak sedih dan kecewa, perlahan masuk ke dalam ruang tunggu. Salim bapak-mamak. Dadah-dadah sma temen SMAnya yang sengaja datang untuk sayonara. Hanya yang absen adalah Upa. Karin sepertinya gak ikut, dia gak ada kabar. Tapi setidaknya sama Karin, Andini sudah berpamitan.

Andini masuk ke ruang tunggu. Menunggu. Pesawat yang akan membawanya ke negeri sakura. Gak lama, panggilan masuk pesawat berbunyi. Berbondong-bondong orang mengantri. Tiba-tiba, "Andiniiiiiii!"

Andini kemudian melirik ke belakang, siapa gerangan yang manggil dia di saat-saat seperti ini. Upa kah? Hah? Bagaimana bisa? Ah. Ternyata itu adalah Karin yang manggil, "Andiniii, tunggu!"

"Kok kamu bisa masuk ruang tunggu gini?" Tanya Andini heran.

"Kamu lupa ya, Bapakku kan kepala bandara ini." Kedip Karin, tapi sih ngos-ngosan ngejar ketertinggalan Andini.

Jadi, emang Karin sengaja bela-belain ke bandara buat ngasi sesuatu buat Andini. Surat dari Upa, "Ini buat kamu. Tapi gak usah dibaca sekarang ya. Dibaca di pesawat aja. Tuh antrianmu sebentar lagi."

"Ah, oke. Makasih ya Karin. Sampai jumpa lagi." Andini menerima surat titipan Upa dari Karin.

"Tenang aja, kalo aku ada waktu. Aku bakal ke Jepang juga. Nanti kita shopping di sana hihi." Canda Karin.

"Bener ya? Ditunggu." Senyum Andini.

Andini yang sudah menerima surat dari Karin, akhirnya move-on juga. Menaiki tangga pesawat dengan perasaan yang ringan. Seakan-akan dia sudah merasa terbang semenjak dari ruang tunggu itu. Dia duduk di kursi 12A dekat dengan jendela. Ah, cocok buat galau-galau nih, begitu pikir Andini. Akhirnya setelah dia duduk, dia gak tahan buat gak baca tuh surat. Akhirnya di bukalah surat yang emang super sederhana. Cuma  kertas binder yang dilipet-lipet, "Kamu memang gak ada romantisnya Pa."


Siapa nama kamu, ah  iya, Andini

Aku  tahu kalau kamu bakal pergi ke Jepang, aku tahu dari Karin. Dia cerita ke aku ketika kamu pertama kali mendengar beritamu yang pergi ke  Jepang itu.

Kamu tahulah. Aku pelupa. Jadi, setelah aku  mendengar berita kamu yang akan pergi itu. Aku langsung nulis surat ini. Yah, aku memang pelupa. Aku gak yakin aku bakal ingat hari apa kamu akan berangkat. Mumpung ingat.

Terima kasih.

Tidak ada kata yang ada selain yang di atas.

Aku gak pinter nulis surat, jadi seadanya aja ya.

Yang jelas, aku udah sengaja langsung men-setting skype ku agar selalu nyala setiap aku online atau menyalakan laptop. Jadi kalau kamu ingat. Aku siap kamu hubungi. Jangan berharap padaku yang pelupa ini.

Btw, aku sekarang punya cita-cita. Tapi aku butuh bantuanmu untuk mengejar itu. Aku butuh bantuan kamu untuk mengingatkan cita-citaku itu. Sayonara.

Temanmu yang pelupa,

Anggito


Gak ada yang membuat perjalanan Andini ini semakin berat, selain dikarenakan surat ini, "Anggito, aku pikir kamu sudah lupa nama kamu sebenarnya." Andini tertawa kecil. Banyak sebenarnya yang membuat Andini tertawa ketika membaca surat ini. Kalian tahu apa?

Iya. Upa, lupa kalau Andini gak punya skype

Tapi ya sudahlah, toh Andini bakal buat setelah diingatkan oleh Upa.


0 Komentar:

Post a Comment